Tips Perawatan Kaca Mobil

Tips Perawatan Kaca Mobil

Memasang kaca film bisa dibilang menjadi hal yang mutlak bagi para pemilik mobil. Produsen kaca film mobil pun tak mau ketinggalan dalam berinovasi membuat kaca film akhir-akhir ini. Namun, seiring banyaknya pemilik kendaraan yang membungkus kaca mobilnya dengan variasi kaca fil, terkadang tidak memperhatikan bagaimana merawat kaca film dengan baik, sehingga yang terjadi adalah tingkat keawetan yang tidak lama.

Berikut beberapa tips dalam merawat kaca film:

  1. Selalu bedakan lap untuk kaca bagian dalam mobil dengan kaca bagian luar mobil. Lap yang digunakan untuk bagian luar mobil pasti mengandung kotoran seperti debu atau kimia bekas sabun mobil. Lap perlu dibedakan agar menghindari baret atau rusaknya kaca film mobil.
  2. Sewaktu hujan, embun seringkali timbul di kaca bagian dalam mobil karena perbedaan suhu yang terjadi di dalam dan luar mobil. Segeralah untuk mengelap embun tersebut sampai kering karena jika dibiarkan terlalu lama akan memicu jamur yang tumbuh di kaca film mobil anda.
  3. Hindari kaca film mobil terkena bahan kimia dan juga alkohol. Bahan-bahan ini jelas sangat berbahaya bagi kaca film anda karena bisa merusak.
  4. Jangan sepelekan kaca bagian luar mobil. Berikan perhatian khusus pada kaca film bagiaan luar mobil, karena apabila kaca film bagian luar mobil bermasalah maka jelas akan sia-sia penggunaannya, dan
  5. Selalu perhatikan kotoran yang menempel di sela-sela karet jendela mobil anda. Kotoran ini dapat merusak kaca film mobil karena dapat menimbulkan baret yang cukup parah.
  6. Jangan biarkan kendaraan diparkir di bawah terik matahari langsung dalam waktu lama. Itu bisa membuat kaca film memuai dan menimbulkan gelembung-gelembung. Tentunya kita tidak ingin ke tempat jual kaca mobil untuk memperbaikinya.
  7. Perlu beberapa langkah dalam melakukannya sebagai berikut :

    1. Jangan gunakan bahan kimia atau alkohol. Saat mengelap jangan terpikir untuk menggunakan kedua bahan tersebut untuk membersihkan kaca film mobil karena hal tersebut bukan menjadikan kaca mobil bersih, tapi justru sebaliknya, dapat merusak fungsi peredaman panas dan menimbulkan buram pada kaca mobil.
    2. Gunakan kain lap yang halus dan bersih. Apabila terdapat kotoran, berpotensi membuat kaca menjadi baret dan tergores.
    3. Mengelap kaca dengan searah, hal ini sangat disarankan. Hindari mengelap kaca dengan memutar kerena dapat menimbulkan goresan pada kaca apabila terdapat pasir yang menempel pada kaca.
    4. Sewaktu hujan, untuk menghindari jamur segeralah mengelap embun yang ada dalam kaca mobil bagian dalam.
    5. Perhatikan kotoran pada sela-sela karet jendela. Kotoran ini sangat berpotensi membuat baret kaca film mobil bila tidak dibersihkan.
    6. Bersihakan kaca 2 kali sehari, untuk menghindari kotoran menempel terlalu lama.

    7. Dikutip dari Auto Traders Magazine – 2013.

Artikel Lainnya